Beranda > Pendidikan > PAS (Paket Aplikasi Sekolah) VS JIBAS

PAS (Paket Aplikasi Sekolah) VS JIBAS

Hmmmm,,, dua program diatas mungkin tidak asing lagi bagi pemerjuang Sistem Informasi Manajemen sekolah khususnya tingkat SD dan SMP, so🙂,,

kenapa SD dan SMP?

karena setahu saya untuk tingkat SD belum ada Sistem Informasi Manajemen dari direktorat secara resmi, dan Kenapa SMP? yups betul karena saya hampir 3 bulan mencari informasi informasi tentang Sistemn Informasi manajemen dan hampir 99 % yang beredar adlah SIM Berbayar yang dibawahi perusahaan swasta,, sebetulnya untuk SIM SMP direktorat PSMP sudah memberi solusi mengenai hal ini yaitu dengan launcingnya PAS (Paket Aplikasi Sekolah) yang ditiru dan dikembangkan dari PAS SMA.

APA itu PAS SMA?

yups sebelum PAS SMdikembangkan dan launching direktorat PSMA mengambangkan Sistem Informasi Manajemen berbasis PAS ini dan ada bocoran mulai tahun ajaran besok (tahun ajaran 2012-2013) SIM yang harus dipakai harus sim yang dari direktorat sendiri bahkan bukan untuk SMA saja untuk SMK pun sekarang wajib karena itulah program nasional Dikmen,,

yang jadi pertanyaan khususnya ini pertanyaan saya sendiri KENAPA PAS SMA TERUS DIKEMBANGKAN TERUS SEMENTARA PAS SMP TERLANTAR??

curhat dikit,🙂

+/- sebulan saya lamanya ingin mengimplementasikan PAS SMP disalah satu sekolah swasta di Kota Tasikmalaya saya pusing karen masih banyak bug-bug (sotoy ^_^),,  dan pas saya cari solusi di om google eh ternyata tidak ada supprt secara resmi mengenai hal teknis penggunaan PAS SMP,, akhirnya saya jadi bimbang untuk SIM di sekolah mending PAS atau mending JIBAS, karena saya sudah hampir konsultasi ke beberapa senior pake aja JIBAS yang open source GRATIS 100 % lagi, sekarang pun saya masih bingunggggggggggggggg

kalau menurut saya untuk SIM emang enakan PAS karena data-datanya sudah komplit banget struktur databasenya juga baik dan datanya juga disesuaikan (ya iyalah kan tadinya disupport ama DITPSMP ^_^),,, tapi ada tapinya untuk orang yang awam seperti saya emang susah dalam implementasi PAS disekolah selain program yang kelihatannya jadul tidak ada support resmi lagi,,

tapi saya percaya kalau disekolah anda tidak ada tenaga IT atau mungkin adminnya orang awam mending JIBAS dulu dah, karena JIBAS simpel banget dan mudah digunakan oleh orang awam bahkan orang yang baru mengenal komputer pu PASTi  bisa,,,

sedikir mengenai JIBAS,, jibas dikembangkan oleh salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang IT yaitu PT. Galileo CMS dan bekerjasama dengan YAYASAN INDONESIA MEMBACA (YIM) dalam pengambangan dan penerapannya, sedangkan PAS SMP dikembangkan oleh TDC yang disupport dan didanai Oleh Direktorat PSMP yang bersumber dana dari APBN entah APBN tahun berapa maklum udah pikun ^_^

saya juga seperti itu JIBAS trus otak-atik pas,, bahkan kalau ada temen paser yang ingin memperjuangkan saya ingin menggabungkan antara PAS SMP dan JIBAS

*)) bagi temen-teman yang ingin dowload PAS (Paket Aplikasi Sekolah) SMP versi terbaru downlaod aja langsung ato silahkan hubungi saya,  gratis kok ^_^

Diupdate terakhur pukul 00.30 tanggal 29 Maret 2012

Kategori:Pendidikan
  1. herman
    April 15, 2012 pukul 1:03 pm

    jibas sekarang sepenuhnya milik yayasan indonesia membaca, jadi itu artinya milik semua orang indonesia bro

    • April 16, 2012 pukul 7:47 pm

      yups,, kalau bisa kita gabungin antara PAS SMP sama JIBAS, cz untuk tk SMA kan pake PAS SMA dari direktoratnya juga

  2. Indrawan
    Agustus 24, 2012 pukul 11:16 am

    Seharusnya PAS dibuat open source dan web based karena dengan menggunakan PowerBuilder PAS sudah di locked dan tidak bisa dilihat source code nya. PAS juga seharusnya menggunakan source code yg sama untuk segala tingkat (SD, SMP, SMA, perguruan tinggi) hanya saja menggunakan module yg berbeda untuk setiap tingkat. Dengan demikian kita hanya perlu mempelajari satu source code dan bisa membantu mengembangkan aplikasi tersebut untuk kepentingan bersama.

    Pemerintah juga tidak seharusnya memaksa sekolah untuk menggunakan PAS dan hanya PAS. Pemerintah seharusnya hanya mengeluarkan spesifikasi tentang data apa yang diperlukan dari sekolah. Negara maju seperti USA, Inggris, Australia, dll setuju menggunakan spesifikasi SIF (Schools Interoperability Framework) –http://www.sifinfo.org. Saya rasa Indonesia juga bisa mengikuti SIF atau mengkustomise SIF untuk keperluan dalam negeri. Dengan demikian semua orang bisa membuat aplikasi berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan oleh PAS dan meng “customized” sendiri untuk kepentingan tiap sekolah.

    • Agustus 24, 2012 pukul 9:54 pm

      untuk setiap tingkat supaya programmernya sama dalam artian developer dan pembuatan program aplikasi nya sama saya setuju banget, karena sekarang untuk SD dan SMP sederajat menggunakan Aplikasi pendaaan dikdas, sedangkan untuk SMA sederajat menggunakan pas dengan PAS SMA dengan powerbuilder, sedangkan untuk SMK mnggunakan berbasis web,,

      kalau untuk open source saya rasa pemerintah memang untuk pendataan tidak menyebarluaskan source code nya, karena inikan untuk pendataan formal,, kalau untuk kebutuhan sekolah kan programnya juga dari pemerintah sedang dikembangkan untuk membantu segala administrasi sekolah, lagian untukkebutuhan sekolah tinggal digali saja database apa yang digunakan oleh aplikasi tersebut, setahu saya untuk Dikdas itu menggunakan SQL Lite, sedangkan untuk Dikmen menggunakan MySQL,, yah pakreatif kreatiflah,, pendataan iru juga kan hasil dari Reformasi Birokrasi KemDikBud 2010-2014

  3. blong
    September 21, 2012 pukul 2:54 pm

    untuk pas smk saya mengalami kesulitan saat menjalankan integratornya (tidak bisa login) mohon pencerahan …😀

  4. Februari 15, 2013 pukul 9:27 am

    What really inspired u to publish “PAS (Paket Aplikasi Sekolah) VS JIBAS ngeblogoke”?
    I actuallygenuinely adored the post! Thanks for the
    post -Kian

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

